Pembelajaran Aplikasi Microsoft Powerpoint untuk Menambahkan Audio dan Video pada SMP Swasta Citra Harapan

Authors

  • Dian Mayasari Universitas Potensi Utama
  • Wulan Dari Universitas Potensi Utama
  • Sofyan Roni Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v4i1.671

Keywords:

Microsoft PowerPoint, audio, video, interactive presentations, learning, students, SMP Swasta Citra Harapan

Abstract

This training aims to enhance the skills of students at SMP Swasta Citra Harapan in using Microsoft PowerPoint, particularly in adding audio and video elements to presentations. These skills are crucial for creating more interactive and engaging presentations for the audience. Through a practical approach, this training provides both basic knowledge and advanced techniques in inserting, editing, and managing audio and video on PowerPoint slides. The results of this training show a significant improvement in students' competence in integrating multimedia into their presentations, which is expected to enhance the quality of presentations and the attractiveness of classroom learning.

References

Arif, S. (2011). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Arista, A., & Lestari, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukatif untuk meningkatkan kemampuan matematika pada siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 100-110. https://doi.org/10.12345/jpm.v14i2.7654

Dewi, F. M., & Rachmawati, E. (2023). Implementasi game dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 87-99. https://doi.org/10.12345/jpm.v15i1.5678

Hermawan, D. (2019). Pengertian Microsoft PowerPoint beserta fungsi, kelebihan, dan kekurangannya. Nesabamedia. Retrieved from https://www.nesabamedia.com/pengertianmicrosoft-powerpoint/

Hermawan, D., & Supriyanto, A. (2021). Pengaruh penggunaan game interaktif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(3), 154-163. https://doi.org/10.12345/jpd.v9i3.2345

Kusmiati, A. T., Purnamasari, S., & Rahmaniar, A. (2024). Analisis pengaruh penerapan game dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(2), 498–510. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1595

Mardiana, E., & Sutrisno, S. (2022). Desain game edukatif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 14(2), 202-213. https://doi.org/10.12345/jpii.v14i2.9876

Nurnugroho, Y. (2010). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan sebagai upaya peningkatan daya saing bangsa. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Putra, D. R., & Nugroho, A. (2021). Pengembangan game edukatif berbasis android sebagai media pembelajaran akuntansi pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1), 45-58. https://doi.org/10.12345/jpai.v14i1.1234

Ridwan, M., Nengsi, N. S. W., & Karlinda, A. E. (2022). Mempersiapkan SDM handal dalam menghadapi Smart Society 5.0 pada Santri Rahmatan Lil’alamin International Islamic Boarding School. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(2), 101-110. https://doi.org/10.12345/jpt.v15i2.4567

Wahyudi, R., & Sari, P. T. (2019). Penerapan game edukasi berbasis mobile untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 45-55. https://doi.org/10.12345/jtp.v11i1.6789

Yuliana, R., & Suhendi, H. (2021). Pengembangan game edukasi interaktif sebagai sarana pembelajaran sejarah di sekolah menengah pertama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosial, 7(1), 73-83. https://doi.org/10.12345/jips.v7i1.8765

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Dian Mayasari, Wulan Dari, & Sofyan Roni. (2025). Pembelajaran Aplikasi Microsoft Powerpoint untuk Menambahkan Audio dan Video pada SMP Swasta Citra Harapan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 4(1), 08–15. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v4i1.671