Analisis Intensitas Hujan dan Karakteristik Das Piring Kota Madiun

Authors

  • Hendro Susilo Universitas Merdeka Madiun
  • Setiyo Daru Cahyono Universitas Merdeka Madiun
  • Arif Afrianto Universitas Merdeka Madiun
  • Dimas Ardhi Nugraha Universitas Merdeka Madiun

DOI:

https://doi.org/10.58169/jusit.v1i2.225

Keywords:

Intensitas hujan, kurva IDF, banjir, DAS.

Abstract

Penelitian ini yang berjudul Analisis Intensitas Hujan Dan Karakteristik DAS Piring Kota Madiun bertujuan untuk mendapatkan nilai intensitas hujan berdasarkan data curah hujan, mencari besar nilai puncak debit banjir DAS Piring menggunakan metode HSS Gama 1, HSS Limantara dan HSS Nakayasu. Lokasi pekerjaan ini adalah Kali Piring di Kota dan Kabupaten Madiun, Propinsi Jawa Timur. Kali Piring berada di sebelah timur kota Madiun menyisir kota dari selatan ke utara. Kali Piring berhulu pada kaki Gunung Wilis, mengalir ke barat dan berbelok ke utara tepat di Kelurahan Pilang Bango Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun menuju ke Utara sampai bermuara ke Kali JerowanPenelitian diambil menggunakan data curah hujan harian tahun 2009 sampai dengan tahun 2018. Pengambilan data curah hujan harian meliputi tiga stasiun hujan antara lain stasiun hujan Klegen, stasiun hujan Babadan, stasiun hujan Dungus. Dari penelitian ini dapat disimpulkan hasil Distribusi yang dipilih untuk untuk periode ulang 2, 5, 10, 20, 50 untuk jangka waktu 10 ( sepuluh ) tahun terakhir adalah distibusi normal. Metode Normal memenuhi syarat untuk distribusi Chi-Kuadrat dan Smirnov Kolmogorov. Debit banjir menggunakan perhitungan hidrograf satuan sintetis GAMA I dengan periode ulang 2, 5, 10, 20, 50 dengan nilai debit maksimum  501,78   mᶾ/detik.  Debit  banjir  yang  dipakai  adalah  hasil  perhitungan  HSS  Nakayasu,  karena  perhitungan  HSS Nakayasu memiliki nilai debit puncak paling besar dibandingkan dengan kedua metode HSS lainnya, sedangkan untuk nilai debit puncak terkecil adalah metode HSS Limantara.

References

Anwar Saihul, 2015 “Analisis Karakteristik Hujan Daerah Aliran Sungai Cimanuk Pada Kabupaten Garut, Sumedang dan Majalengka “. Cirebon.

Destania Henggar Risa, 2020. “Analisis Intensitas Hujan Menggunakan IDF Curve dan WR PLOT Pada Stasiun di DAS Buah”. Palembang.

Fasdarsyah, 2014. “Analisis Curah Hujan Untuk Membuat Kurva Intensity Duration Frequency (IDF) di Kawasan Kota Lhokseuma We”. Universitas Malikussaleh.

Fauziyah Syifa, dkk. 2013. “Analisis Karakteristik dan Intensitas Curah Hujan Kota Surakarta”.UNS.

Hadi Arif Ismul, dkk. 2001. “Analisis Karakteristik Intensitas Curah Hujan di Kota Bengkulu”. Bengkulu.

Henggar Risa Destania (2020) dalam penelitiannya yang berjudul “Analisis Intensitas Hujan Menggunakan IDF Curve dan WR PLOT Pada Stasiun di DAS Buah”. Universitas Indo Global Mandiri.

Ida Narulita dan Dyah Marganingrum ”Analisis Curah Hujan, Perubahan Tutupan Lahan, dan Penyusunan Kurva IDF untuk analisis Peluang Banjir: Studi Kasus Das Cecuruk, Pulau Belitung”. Pulau Belitung.

Mulyono Dedi. 2014. “Analisis Karakteristik Curah Hujan di Wilayah Kabupaten Garut Selatan”. Garut.

Narulita Ida dan Dyah Marganingrum, 2007. “Analisis Curah Hujan, Perubahan Tutupan Lahan dan Penyususunan Kurva IDF Untuk Analisis Peluang Banjir : Studi Kasus DAS Cecucuk, Pulau Belitung”. Bandung.

Sadad Ilyas dan Susilowati, 2015, “Analisis Karakteristik Curah Hujan di Kota Bamdar Lampung”.Universitas Bandar Lampung.

Suatapa Wayah 2006,“Studi Pengaruh dan Hubungan Variabel Bentuk DAS Terhadap Parameter Hidrograf Satuan Sintetis”.

Soewarno, 1995 “Hidrologi Aplikasi Metode Statistik Untuk Analisa Data”. Nova, Bandung.

Suparto Imam Nugroho Hadi, DKK (2014) dalam penelitiannya yang berjudul “Pola Aliran Banjir Berdasarkan Karakteristik DAS Buluh di Sumatera Barat”.Sumatra Barat.

Suripin, 2004. “Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan”. Andi, Yogyakarta.

Susanti Tri, DKK, 2014,“Pola Aliran Banjir Berdasarkan Karakteristik DAS Lengayang Provinsi Sumatera Barat”. Sumatra Barat.

Susilowati dan Dyah Indriana Kusumastuti, 2010, “Analisis Karakteristik Curah Hujan dan Kurva Intensitas Durasai Frekuensi (IDF”. Bandar Lampung

Fauziyah Syifa, Sobriyah dan Susilowati, 2013,“Analisis Karakteristik dan Intensitas Curah Hujan Kota Surakarta”. Surakarta.

Triatmodjo Bambang, 2009 “Hidrologi Terapan”. Beta Offset, Yogyakarta.

Triatmodjo Bambang, 2010 “Hidrologi Terapan”. Beta Offset, Yogyakarta.

Welly Margaretta. 2015. “Analisis Karaktristik Hujan di Kota Bandar Lampung”. Bandung Bandung.

Downloads

Published

2023-11-16

How to Cite

Hendro Susilo, Setiyo Daru Cahyono, Arif Afrianto, & Dimas Ardhi Nugraha. (2023). Analisis Intensitas Hujan dan Karakteristik Das Piring Kota Madiun. Jurnal Sipil Terapan, 1(2), 50–63. https://doi.org/10.58169/jusit.v1i2.225