Motor Protection Circuit Breaker (MPCB) Sebagai Sistem Proteksi Motor Induksi 3 Phase Pada Mesin Wide Belt Sander SR-RP 1300 PT. Sejin Lestari Furniture

Authors

  • Utami Pingkan Anggraini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Didik Aribowo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.58169/saintek.v1i2.78

Keywords:

Wide Belt Sander (WBS) ; Motor Induksi ; Motor Protection Circuit Breaker (MPCB).

Abstract

Pada PT. Sejin Lestari Furniture  merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang furniture yang memproduksi seperti gitar, pintu, lemari, kursi, meja maupun perlengkapan interior dan eksterior. Untuk mempermudah dalam proses pengerjaan barang jadi maka pada perusahaan ini menggunakan mesin pengamplas kayu atau bisa disebut dengan mesin wide belt sander yang memiliki amplas berbentuk selendang  di gerakkan oleh motor induksi. Dalam mesin ini terdapat  lima jenis  motor induksi. Supaya pengoperasian mesin dapat dilaksanakan dengan optimal dalam mesin wide belt sander ini terdapat sistem proteksi yang mampu mengatasi dan meminimalisir terjadinya beban berlebih pada motor induksi, sistem proteksi ini ialah Motor Protection Circuit Breaker (MPCB). Pada dasarnya mpcb ini harus disetting terlebih dahulu sesuai dari kapasitas masing – masing motor induksi supaya  pada  saat  pengoperasian mesin dapat terkontrol secara efektif.

Kata Kunci: 

References

Andreansyah R, Cholilurrahman. 2019. Perencanaan dan Pembuatan Rangkaian Daya Starting Motor 3 Fasa 380 Volt, 50 Hz, 3 HP dengan Metode Bintang dan Segitiga. Cyclotron Vol.1 No.1.

Aribowo D, Desmira, dkk. 2020. SISTEM MONITORING MOTOR INDUKSI MENGGUNAKAN TOR PADA MESIN HOT PRESS BODI GITAR. Jurnal Teknik Elektro Indonesia, Vol. 1 No 1.

Azis A, Febrianti. 2019. Analisis sistem proteksi arus lebih pada penyulang Cendana gardu induk Bungaran Palembang. Jurnal Ampere, Vol.4, No 2.

Daud A. 2019. Rancang Bangun modul proteksi arus beban lebih dan hubung singkat. Jurnal Teknik Energi, Vol. 9, No.1.

Evalina,noorly,dkk.2018.pengaturan kecepatan putaran motor induksi 3 Fasa menggunakan programmable logic controller. Journal of electrical technology, vol.3, No.2.

Hamdani, Indrawan. 2015. Programmable Logic Controller dan Scada Teori, Pemrograman Dan Aplikasinya Dalam Otomasi Sistem Tanur. DEEPUBLISH: Yogyakarta.

Hayusman Mahfudz Lauhil. 2020 . Dasar Instalasi Tenaga Listrik. Poliban Press:Sleman.

Kurniawan Edi,dkk.2018. Instrumentasi, Alarm, dan Sistem Monitoring Kapal. Zifatama Jawara: Sidoarjo.

Meidiasha Deffi,dkk.2020. Alat Pengukur Getaran, Suara dan Suhu Motor Induksi Tuga Fasa Sebagai Indikasi Kerusakan Motor Induksi Berbasis Arduino. Journal of Electrical and Vocational Education and Technology, Vol.5, No.1.

National Electrical Manufactures Ascosiaciation. 1993. Motor and generator. NEMA Standard Publication No. MGI-1993, Part 21 PP.9-10 and Part 30 PP. 1-2. Washington DC: U.S.

Puspita, Darmawan. 2021. Thermal Overload Relay (Tor) Sebagai Sistem Proteksi Motor Induksi 3 Fasa Pada Mesin Molding Biofuel Pelletizer di PT. Sejin Lestari Furniture. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Ilmu- Ilmu Terapan, Vol. 1, No. 1.

Putra Artika, dkk. 2021. Simulasi Sistem Proteksi Motor Induksi 3 Fasa Terhadap Suplai Tegangan Tidak Seimbang Dengan Metode Siimulink. Jurnal Spektrum, vol. 8, No.3.

Sarjana Muhammad. 2011. Perbandingan karakteristik motor induksi belitan Gelung dengan belitan sprial. Jurnal ilmiah foristek vol.1, No. 1.

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Utami Pingkan Anggraini, & Didik Aribowo. (2022). Motor Protection Circuit Breaker (MPCB) Sebagai Sistem Proteksi Motor Induksi 3 Phase Pada Mesin Wide Belt Sander SR-RP 1300 PT. Sejin Lestari Furniture. Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 58–70. https://doi.org/10.58169/saintek.v1i2.78

Most read articles by the same author(s)