Rancang Bangun Mesin Pemecah Dan Pemisah Kulit Ari Kedelai Kapasitas 300 Kg/Jam

Authors

  • Trio Setiyawan Politeknik Negeri Semarang
  • Timotius Anggit Kritiawan Politeknik Negeri Semarang
  • Rizal Ma’ruf Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58169/saintek.v2i1.144

Keywords:

Kedelai, Mesin, Pemecah, Celah

Abstract

Proses pengolahan kedelai untuk pembuatan tempe sekala menengah kebawah masih menggunakan cara tradisional untuk mengupas dan memisahkan kulit ari kedelai. Permasalahan yang dihadapi relatif sama yaitu efisiensi, kapasitas, dan tingkat kebersihan yang masih rendah. Tujuan dari penenlitian ini adalah untuk merancang mesin  pemecah dan pemisah kulit ari kedelai kapasitas 300kg/jam. Mesin pemecah dan pemisah kulit ari menggunakan mekanisme silinder bergerigi otomatis adalah solusi untuk membantu usaha menengah kebawah. Pembuatan mesin pemecah dan pemisah kulit ari kedelai ini dimulai dengan studi literatur,  observasi  untuk perencanaan, menentukan  mekanisme  pemecahan  dan pemisahan kulit ari, setelah itu menyiapkan komponen untuk pembuatan dan perakitan mesin. Rancang bangun mesin pemecah dan pemisah kulit ari mempunyai mekanisme pengupasan dengan memanfaatkan celah antara silinder bergerigi dengan penyetel yang dapat di atur sesuai dengan jenis kedelai yang akan di kupas. Pengujian mesin dilakukan dengan beberapa variasi celah dan putaran 420 rpm karena merupakan putaran paling optimal sehingga diperoleh sepesifikasi akhir mesin dengan kapasitas hopper 15 kg dan menggunakan motor listrik 0,5 hp 1400 rpm serta dua buah silinder bergerigi dengan celah masing masing 2 mm dengan slider pengupas  yang mampu menghasilkan  330kg/jam  kedelai bersih yang siap diproses.

References

Bagia I.N., Parsa I. M. (2018). Motor-Motor Listrik. Kupang: CV. Rasi Terbit. Gultom P. I. dan Tamara P. (2021). Perancangan Mesin Pengupas Kedelai DenganMetode Wet Process Skala Home Industry. Jurnal Teknik Industri Itn Malang, 66.

B. G. (2017). Soybean Waste In Particle Board Production. Agricultural Sciences Vol. 42 No. 2, 186-194.

Rohmah E. A. dan Saputro T. B. . (2016). Analisis Pertumbuhan Tanaman Kedelai (Glycine max L.) Varietas Grobogan Pada Kondisi Cekaman Genangan. JURNAL SAINS DAN SENI ITS Vol. 5, No.2, E-29.

Saputra V., Darma E. (2004). Perencanaan mesin pengupas dan pemisah kulit ari biji kedelai untuk bahan dasar tempe. Surabaya: Petra Christian University.

Shigley, Edward J. (2005). Machine Design in Mechanical Engineering. Jakarta: Erlangga.

Siburian J. D. (2019). Analisa Slip Transmisi Pada Pulley Dan V-Belt Pada Beban Tertentu Dengan Motor Listrik Berdaya Seperempat Hp. Pekanbaru: Universitas Islam Riau

Suryawinata, B. (2006) Perencanaan, Pembuatan dan Pengujian Mesin Pengupas Kulit Ari Kacang Kedelai. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Wisnujati, A. (2016). Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Mesin PengupasKulit Ari Kedelai Jenis Screw Pada Industri Kecil Tempe. Teknoin Vol. 22 No.1, 10.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Trio Setiyawan, Timotius Anggit Kritiawan, & Rizal Ma’ruf. (2023). Rancang Bangun Mesin Pemecah Dan Pemisah Kulit Ari Kedelai Kapasitas 300 Kg/Jam. Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 151–159. https://doi.org/10.58169/saintek.v2i1.144