ANALISIS KUALITAS AIR LAUT DI SEKITAR PELABUHAN TANJUNG PERAK, KOTA SURABAYA

Authors

  • Hani Ghaisani Universitas Pembangunan “Veteran” Jawa Timur
  • Kabul Fadilah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.58169/jwikal.v2i1.127

Keywords:

Analisis Air Laut, Operasi Kapal, Limbah Kapal

Abstract

Pelabuhan merupakan suatu wilayah di area perairan yang aman dan terlindungi dari gelombang yang dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung termasuk dermaga tempat dimana kapal sandar untuk melakukan bongkar muat sebagai tempat penyimpanan barang. Banyaknya aktivitas yang terjadi di pelabuhan dapat mempengaruhi kualitas air laut maka dari itu diperlukan analisis air laut di sekitar pelabuhan. sampel air laut diambil dari satu titik di area dermaga Gapura Surya Nusantara (GSN). Hasil dari analisis yang dilakukan pada perairan pelabuhan Tanjung Perak menunjukan bahwa kualitas air laut di kawasan dermaga GSN merupakan dampak dari kegiatan operasional kapal, limbah yang dihasilkan oleh kapal, saluran drainase yang bermuara ke laut,bocoran minyak dan oli dari sisa ballast dan air sisa pencucian. Data kualitas air laut di dermaga GSN berdasarkan sifat kimia dan sifat fisika yang telah didapatkan secara analisis laboratorium menunjukan bahwa seluruh parameter yang diukur memenuhi baku mutu yang diizinkan oleh peraturan pemerintah.

References

Alaerts, G. dan Sri Sumestri Santika. 1987. Metode Penelitian Air. Usaha

Nasional, Jakarta

Efrizal.T. 2006. Hubungan Beberapa Parameter Kualitas Air dengan Kelimpahan Fitoplankton di Perairan Pulau Penyengat Kota Tanjung Pinang Provinsu Kepulauan Riau. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Maritim. Universitas Raja Ali Haji. Tanjung Pinang.

Harahap. S. 1991. Tingkat Pencemaran Air Kali Cakung Ditinjau dari Sifat Fisika-Kimia Khususnya Logam Berat dan Keanekaragaman Jenis Hewan Benthos Makro. IPB. 167 hal

Hibban, Muhamad, Arya Rezagama, dan Purwanto. 2016. Studi Penurunan Konsentrasi Amonia Dalam Limbah Cair Domestik Dengan Teknologi Biofilter Aerobmedia Tubular Plastik Pada Awal Pengolahan. Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Hutagalung, H.P. 1984. Logam Berat Dalam Lingkungan Laut. Pewarta Oceana. IX No. 1. Hal 12-19.

Jennie dan Rahayu, (1993), Penanganan Limbah Industri Pangan,

Kanisius,Yogyakarta

Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor : 51 Tahun 2004 Tentang Baku Mutu Air Laut (http://www.menlh.go.id).

Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup, No. 115 tahun 2003, tentang Pedoman Penentuan Status Mutu Air, Jakarta.

Ortolano, L, 1984, ENVIRONMENTAL PLANNING AND DECISION MAKING, John Wiley and Sons, New York.

Pelindo 2016, Laporan Pemantauan Lingkungan Kegiatan Pengoperasian Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) di Selat Madura

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 82 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air. (http://datahukum.pnri.go.id/).

Santosa, Slamet. 2014. Limbah Cair Domestik : Permasalahan Dan Dampaknya Terhadap Lingkungan. Fakultas Biologi UNSOED.

Downloads

Published

2023-06-10

How to Cite

Hani Ghaisani, & Kabul Fadilah. (2023). ANALISIS KUALITAS AIR LAUT DI SEKITAR PELABUHAN TANJUNG PERAK, KOTA SURABAYA . JURNAL WILAYAH, KOTA DAN LINGKUNGAN BERKELANJUTAN, 2(1), 24–32. https://doi.org/10.58169/jwikal.v2i1.127