Dampak Aktivitas Pelabuhan Surabaya Terhadap Lingkungan dan Strategi Penanganannya

Authors

  • Muhammad Bagus Scheva Putra Mahendra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Kabul Fadilah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.58169/jwikal.v2i1.126

Keywords:

Pencemaran Lingkungan,, IMO, MARPOL, Ballast Water, Emisi NOx

Abstract

Meningkatnya aktivitas kapal di Pelabuhan Surabaya akan mengakibatkan tingginya risiko pencemaran terhadap lingkungan. Pencemaran dapat terjadi pada lingkungan laut, darat, dan udara. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak dari pencemaran yang diakibatkan oleh operasional kapal di Pelabuhan Surabaya dan strategi penanganannya sesuai dengan peraturan pemerintah, International Maritime Organization dan Marine Pollution. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dan jenis penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif observasional. Dampak yang terjadi di lingkungan laut akibat kegiatan operasional pelabuhan disebabkan oleh air balas dan emisi NOx. Aktivitas kapal yang tinggi akan meningkatkan pembuangan air balas di laut. Total hasil pembuangan emisi NOx yang diperoleh dalam penelitian ini selama 3 hari adalah 1026,25 Kg, 429,34 Kg, dan 452,22 Kg. Emisi gas buang yang dikeluarkan rata- rata berada di atas ambang batas. Batas kualitas udara yang tergolong untuk dikatakan berpotensi pencemaran adalah 12,51. Strategi yang dapat dilakukan dalam menangani permasalahan – permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan BWMTS ( Ballast Water Management Treatment System ) dan filter mekanis untuk menangani air balas. Dalam menangani NOx dapat menerapkan metode EGR, SCR, dan Water Injection and Emulsion.

 

References

Anggi Agustian, Saputra. 2019. Sistem dan Perawatan Ballast Water Treatment System Sebagai Pencegahan Marine Pollution ANNEX VII di MV. Indonesian Bulker PT. KSM Indonesia.

Azmi Umi Anisyah, Tri Joko, Nurjazuli. 2016. Studi Kandungan dan Beban Pencemaran Logam Timbal (pb) Pada Air Balas Kapal Barang dan Penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Vol. 4 No. 4

Basuki, M, Lukmandono, dan Margareta, M.Z.B. 2018. Ballast Water Management Berbasis Environmental Risk Assessment di Perairan Indonesia. Simposium Nasional Kelautan dan Perikanan V UNHAS. Makasar.

Dany Djaya Prakaatmaja, Minto Basuki, Erifive Pranata. 2020. Penilaian Risiko Lingkungan Akibat Air Pembuangan Air Balas di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Vol. 2, No. 1 2020.

El Husna, Iksiroh , Anggoro Sutrisno, Sunoko, Henna, Subagiyo. 2022. Biokonsentrasi Dan Sebaran Mikroba Patogen Sebagai Landasan Pengelolaan Lingkungan Tercemar Air Ballast di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Doctoral thesis, School of Postgraduate Studies.

Haruna, Lahming, Amir, Faizal Asrib, Ahmad Rifqi. 2019. Pencemaran Udara akibat Gas Buang Kendaraan Bermotor dan Dampaknya terhadap Kesehatan. ISSN 2598-6090

Helfre J.F., Boot P.A.C., (2013). Emission reduction in the shipping industry:regulations, exposure and solutions, Sustainlytics.

Ikhwan A., M.Basuki. 2020. Model Pengolahan Air Ballast Kapal Akibat Deballasting di Pelabuhan Teluk Lamong Berbasis Risiko. Vol.2 No. 1

IMO. (2010). Prevention of Air Pollution from Ships. International Maritime Organization.

I Putu Dewangga Putra B. 2017. Rancangan Ballast Water Treatment System Pada Kapal Gas Carrier Arimbi. Digital Library. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Ivan, Nurohman. 2019. Analisa Polusi Udara Dari Gas Buang Mesin Induk di KM. Simore PT. Janata Marina Indah Semarang. Karya Tulis. Amni Perpustakaan Semarang

Kumar, J., Kumpulainen, L., & Kauhaniemi, K. (2019). Technical design aspects of harbour area grid for shore to ship power: State of the art and future solutions. International Journal of Electrical Power & Energy Systems, 840-852.

Kuncowati. 2019. Analisis Pengelolaan Sampah Di Kapal Dan Peran Awak Kapal Terhadap Pencegahan Pencemaran Laut Dari Kapal Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Majalah Ilmiah Bahari Jogja (MIBJ). Vol. 17 No. 1.

Marine Pollution Annex VI Prevention of Air Pollution from Ships. International Maritime Organization (IMO), London.

M. Haikal Fahmi. 2019. Analisis Kualitas Udara Ambien di Kota Lhokseumawe. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam - Banda Aceh

M. Ravi Rohmatulloh, Minto Basuki, I Putu Andhi I K. 2018. Analisa Risiko Pencemaran Lingkungan Akibat Operasional Kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Digital Library. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2002 Tentang Perkapalan.

Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2010 Tentang Perlindungan Lingkungan Maritim.

Putri, Y. B., Cahyono, B., dan Soemartojo, 2016, Ecogreenship Waterballast Treatment Cogreenship Konsep Waterballast Treatment Memanfaatkan Gas Inert Temperatur Tinggi Dari Gas Buang Mesin Induk Untuk Mengurangi Mikroorganisme.

Yannis, Dwi Poerdianto. 2017. Analisis Pegurusan Sertifikat Keselamatan Kapal Guna Menunjang Kelancaran Operasional Kapal Milik PT. Pertamina (Persero) Perkapalan Jakarta. Diploma Thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

Downloads

Published

2023-06-10

How to Cite

Muhammad Bagus Scheva Putra Mahendra, & Kabul Fadilah. (2023). Dampak Aktivitas Pelabuhan Surabaya Terhadap Lingkungan dan Strategi Penanganannya . JURNAL WILAYAH, KOTA DAN LINGKUNGAN BERKELANJUTAN, 2(1), 13–23. https://doi.org/10.58169/jwikal.v2i1.126